Kamis, 13 Desember 2012

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH

Sekolah adalah suatu instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan kepada siswa. Saat ini, sekolah belum menerapkan dan memanfaatkan keberadaan teknologi informasi terintegrasi guna mendukung aktifitas kerja sehari-hari, sehingga sebagian besar aktifitas operasional pelayanan pendidikan masih dilakukan secara manual, baik aktifitas manajemen pelayanan pendidikan maupun aktifitas manajemen akuntansi keuangan.

Seiring dengan perjalanan kegiatan operasional sekolah, dijumpai banyak sekali kendala yang menimbulkan permasalahan yang mengganggu aktifitas sehari-hari. Karena sebagian aktifitas masih dilakukan secara manual, otomatis mempersulit dan memperlambat pegawai/guru di sekolah untuk melayani siswa, baik yang akan melakukan presensi/kehadiran siswa, data akademik siswa, transaksi keuangan sekolah, dan proses yang ada di sekolah yang diperuntukkan untuk siswa.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami sebagai tim pengambang sistem informasi berbasis web menawarkan solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang sudah disebutkan di atas. Solusi tersebut berupa Sistem Informasi Manajemen Sekolah. Sistem ini dikembangkan dengan harapan dapat membantu dalam proses pengadministrasian aktifitas operasional sekolah. Selain itu, Sistem informasi ini ditujukan untuk meningkatkan pengawasan administrasi yang lebih baik.


Keunggulan sistem SIM Sekolah bisa dilihat dari hal-hal berikut:

SIM Sekolah dikembangkan dalam sistem yang modular sekaligus terintegrasi. Modular artinya setiap modul bisa berdiri sendiri, sehingga user dapat memilih modul-modul yang diinginkannya sesuai dengan budget. Pada saat yang bersamaan modul-modul tersebut bisa saling berinteraksi bila user membeli dua atau lebih modul (sistem otomatis menjadi terintegrasi).

·SIM Sekolah dirancang dengan arsitektur yang difungsikan untuk pengaksesan data dan transaksi dengan kapasitas besar karena mendukung multi user dan multi tasking. Multi user artinya aplikasi bisa diakses oleh banyak user pada saat yang bersamaan. Multi tasking artinya setiap user pada saat yang bersamaan bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang berbeda.

· SIM Sekolah dibangun dengan teknologi web berbasiskan AJAX, suatu teknologi web terbaru yang mampu mengadaptasi seluruh kemampuan teknologi desktop. Dengan teknologi AJAX resource (bandwith) yang diperlukan lebih lebih kecil sehingga kemampuan untuk diakses jauh lebih baik dibandingkan aplikasi desktop.

· Teknologi berbasis web lebih mudah dipelihara dibandingkan dengan teknologi berbasis clientserver. Pada teknologi web segala pengubahan hanya terjadi pada server, di sisi client tidak ada perubahan sama sekali. Sedangkan pada teknologi berbasis client-server pengubahan terjadi baik pada sisi client maupun sisi server.

· SIM Sekolah dibangun dengan desain keamanan yang optimum untuk menjamin bahwa aplikasi diakses oleh user yang berwenang. Setiap user dipetakan pada role tertentu dan hanya bisa mengakses halaman-halaman tertentu saja. Halaman-halaman yang bisa diakses bisa dikonfigurasi sesuai kehendak user.

· Fully integrated SIM Sekolah memberikan solusi dalam satu kesatuan sistem secara keseluruhan sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan menghasilkan informasi dan laporan yang komprehensif (Front desk – Back End).

· Client – Server Architecture. SIM Sekolah dirancang dengan arsitektur yang difungsikan untuk pengaksesan data dan transaksi dengan kapasitas besar yang meliputi business rules, user level, security dan metodologi programming.

· Multi User – Multi Tasking. SIM Sekolah dapat dioperasikan oleh pengguna (user) secara bersam sama (concurrent) tanpa menimbulkan interupsi sehingga proses data lebih cepat dan efektif.

· Scalable. SIM Sekolah memiliki tingkat skalabilitas tinggi. Kemampuan menyimpan data dan skalabilitas dapat ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan teknologi.

 Reliable. SIM Sekolah dilengkapi dengan tool auto repair, backup, dan restore untuk  perbaikan data secara otomatis jika terjadi kerusakan database sehingga meminimalkan ketergantungan dengan vendor.

Lampiran  ::









Data Siswa

Log SMS Inbox Orang Tua/Wali

Pembagian Kelas

Pengisan Data Siswa

Absensi Siswa

Rekap Absensi Siswa




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More