Sabtu, 30 April 2011

Sistem Informasi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA)

Masalah penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) atau istilah yang populer dikenal masyarakat sebagai NARKOBA (Narkotika dan Bahan/ Obat berbahanya) merupakan masalah yang sangat kompleks, yang memerlukan upaya penanggulangan secara komprehensif dengan melibatkan kerja sama multidispliner, multisektor, dan peran serta masyarakat secara aktif yang dilaksanakan secara berkesinambungan, konsekuen dan konsisten.

Kurangnya informasi dalam hal cara penanganan menjadi masalah tersendiri, Oleh karena itu perlu diwujudkan lingkungan yang mendukung. Di Indonesia lingkungan yang paling penting adalah keluarga. Kesediaan keluarga untuk menerima remaja yang pernah menggunakan narkoba di tengah keluarga merupakan dukungan yang amat berharga. hidup dengan bekal pendidikan yang terbatas. Oleh kerna itu pentingnya teknologi informasi (TI) sangat membantu dalam hal pengambilan keputusan khususnya bagi keluarga yang ingin memonitoring keluarganya/pasien rehabilitasi yang terkena NAPZA di panti rehabilitasi.

Sistem Informasi Rehabilitasi NAPZA merupakan aplikasi yang dibuat untuk pemantauan terhadap perkembangan pasien napza dengan berbasis web dan mobile access yang tepat guna serta membantu keluarga dalam hal pemantauan pasien.

Semoga dengan aplikasi ini dapat memberikan rekomendasi serta usulan metode yang dapat digunakan dalam pengembangan teknologi informasi dalam suatu organisasi panti rehabilitasi agar tidak manual lagi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari khususnya dalam memberikan report kondisi kepada keluarga pasien. 







2 komentar:

Arie mengatakan...

udah ada mas sINapza nya?

Agung Budi Prasetio, S.T, M.Eng mengatakan...

sudah mas arie, japri YM aja, idku : uculan@yahoo.com

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More