Minggu, 20 Februari 2011

SISTEM INFORMASI Pembukuan PERTOKOAN (SIP)

SISTEM INFORMASI Pembukuan PERTOKOAN (SIP)

Sistem Informasi Pertokoan merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu kegiatan operasional toko, mulai dari kegiatan transaksi penjualan, pengeluran, pemasukan sampai dengan pelaporan (report).



Berikut adalah fitur-fitur menu yang ada dalam aplikasi Sistem Informasi Pertokoan:
1.    Menu Cash Register: Kasir / Penjualan (F1)

Menu ini digunakan untuk menginputkan data-data transaksi penjualan setiap harinya. Informasi data yang diinputkan berdasarkan nota yang dibuat/dikeluarkan oleh pihak toko kepada pembeli. Dalam form ini beberapa data yang diinputkan antara lain: nomor nota, keterangan atau nama pembeli, dan list barang yang dijual kepada pembeli beserta informasi harga.
User dapat me-setting pembayaran menjadi “Kontan” atau “Bon” dengan mengklik radio button yang ada di form. Atau dengan cara menekan tombol F6 -> untuk Kontan, atau F7 -> untuk Bon.
User dapat menginputkan nama barang secara manual, atau dengan memilih nama barang yang disediakan di kolom “Nama Barang”. Hal ini juga bisa dilakukan untuk menginputkan satuan dari barang, yaitu dengan memilih satuan yang disediakan di kolom “Satuan” atau menginputkan secara manual dengan cara mengetik satuan yang diinginkan.
Proses pembayaran dapat dilakukan dengan menekan tombol F3, atau memilih cursor ke isian “Bayar” dan mengetikkan angka pembayaran.

2.    Menu Cash Register: Pengeluaran (F2)

Menu ini digunakan untuk menginputkan data-data transaksi pengeluaran yang dilakukan oleh toko. Beberapa isian dalam form ini adalah: keterangan dan nilai biaya yang dikeluarkan.
Proses penyimpanan transaksi pengeluran dilakukan dengan menekan tombol “Simpan” atau menekan F10 pada keyboard. Setelah itu akan muncul pesan informasi bahwa data sudah tersimpan di database.

3.    Menu Cash Register: Pemasukkan (F3)

Menu ini digunakan untuk menginputkan data-data transaksi pemasukkan keuangan. User dapat menggunakan form ini untuk menginputkan pembayaran piutang oleh pembeli berdasarkan nota penjualan. Beberapa isian dalam form ini adalah: keterangan dan nilai biaya yang masuk kas.
Pembayaran piutang: User dapat melakukan input dengan terlebih dahulu mencari data nota penjualan yang belum lunas (Bon) dengan mengeklik tombol “Cari Nota Bon” atau dengan menekan tombol F3 pada keyboard. Proses pemilihan nota dilakukan dengan cara mengeklik dua kali data yang dipilih.

4.    Menu Pelaporan: Kasir / Penjualan (Ctrl+F1)

Menu ini digunakan untuk melihat daftar penjualan toko. Beberapa parameter yang digunakan untuk melihat data penjualan antara lain: periode penjualan dan jenis pembayaran (Semua, Kontan, atau Bon). User dapat melihat pelaporan secara harian, mingguan, bulanan, atau sesuai kebutuhan dengan cara memilih periode pelaporan, yaitu tanggal awal dan tanggal akhir pelaporan yang diinginkan.
Pada halaman ini terdapat dua tabel, yaitu tabel transaksi kasir dan tabel detail transaksi yang berisi daftar barang yang dijual pada transaksi yang dipilih.
User dapat melihat dan mencetak data penjualan ke format excel dengan mengeklik tombol “Preview Rekap” atau “Preview Detail”, kemudian akan muncul form baru yang terdapat tombol “Cetak”. File excel disimpan pada folder “report” di folder tempat aplikasi berada dengan awalan nama “Laporan Rekap Penjualan” atau “Laporan Penjualan” diikuti periode yang terpilih.
Disini user juga dapat menghapus transaksi yang dipilih dengan mengklik tombol “Delete”.


5.    Menu Pelaporan: Pengeluaran (Ctrl+F2)

Menu ini digunakan untuk melihat daftar pengeluaran yang sudah dilakukan oleh toko. User dapat melihat pelaporan secara harian, mingguan, bulanan, atau sesuai kebutuhan dengan cara memilih periode pelaporan, yaitu tanggal awal dan tanggal akhir pelaporan yang diinginkan.
Pada halaman ini akan ditampilkan daftar pengeluran sesuai dengan periode yang dipilih beserta jumlah total biaya pengeluaran.
User dapat melihat dan mencetak data penjualan ke format excel dengan mengeklik tombol “Preview”, kemudian akan muncul form baru yang terdapat tombol “Cetak”. File excel disimpan pada folder “report” di folder tempat aplikasi berada dengan awalan nama “Laporan Pengeluaran” diikuti periode yang terpilih.
Disini user juga dapat menghapus transaksi yang dipilih dengan mengklik tombol “Delete”.

6.    Menu Pelaporan: Pemasukkan (Ctrl+F3)

Menu ini digunakan untuk melihat daftar pemasukkan yang sudah dilakukan oleh toko. User dapat melihat pelaporan secara harian, mingguan, bulanan, atau sesuai kebutuhan dengan cara memilih periode pelaporan, yaitu tanggal awal dan tanggal akhir pelaporan yang diinginkan.
Pada halaman ini akan ditampilkan daftar pemasukkan sesuai dengan periode yang dipilih beserta jumlah total biaya pemasukkan.
User dapat melihat dan mencetak data pemasukkan ke format excel dengan mengeklik tombol “Preview”, kemudian akan muncul form baru yang terdapat tombol “Cetak”. File excel disimpan pada folder “report” di folder tempat aplikasi berada dengan awalan nama “Laporan Pemasukkan” diikuti periode yang terpilih.
Disini user juga dapat menghapus transaksi yang dipilih dengan mengklik tombol “Delete”.

7.    Menu Pelaporan: Rugi - Laba (Ctrl+F4)

Menu ini digunakan untuk melihat laporan Rugi – Laba yang terdiri dari data pendapatan dan biaya yang sudah dilakukan oleh toko. User dapat melihat pelaporan secara harian, mingguan, bulanan, atau sesuai kebutuhan dengan cara memilih periode pelaporan, yaitu tanggal awal dan tanggal akhir pelaporan yang diinginkan.
Pada halaman ini akan ditampilkan daftar pendapatan yang diambil dari transaksi dengan tipe kontan ditambah dengan data pemasukkan, daftar biaya yang diambil dari data pengeluaran sesuai dengan periode yang dipilih beserta jumlah total masing-masing pendapatan dan biaya.
User dapat melihat dan mencetak laporan Rugi - Laba ke format excel dengan mengeklik tombol “Preview”, kemudian akan muncul form baru yang terdapat tombol “Cetak”. File excel disimpan pada folder “report” di folder tempat aplikasi berada dengan awalan nama “Laporan Rugi-Laba” diikuti periode yang terpilih.

8.    Menu Master: Jenis Satuan

Menu ini digunakan untuk proses input, edit, dan delete data-data satuan barang yang ada di toko. Proses input dapat dilakukan dengan mengisi data Nama Satuan dan Keterangan, selanjutnya menekan tombol “Add”.
User dapat melakukan perubahan dan menghapus data satuan dengan cara memilih data yang diinginkan, kemudian menekan tombol “Edit” atau “Delete”.

9.    Menu Master: Barang

Menu ini digunakan untuk proses input, edit, dan delete data-data barang yang ada di toko. Proses input dapat dilakukan dengan mengisi data Kode Barang dan Nama Barang, selanjutnya menekan tombol “Add”.
User dapat melakukan perubahan dan menghapus data satuan dengan cara memilih data yang diinginkan, kemudian menekan tombol “Edit” atau “Delete”.

10.    Menu Pengaturan: Koneksi Database

Menu ini digunakan untuk merubah setting koneksi aplikasi dengan database MySql. Parameter setting terdiri dari Hostname, Nama Database, Port Database, User Database, dan Password Database. User dapat menekan tombol “Simpan” untuk menyimpan setting database.

11.    Menu Pengaturan: Ubah Password


Menu ini digunakan untuk mengubah password user login. Untuk mengubah password, user harus menginputkan password lama dan password baru. Proses penyimpanan dilakukan dengan mengklik tombol “Simpan”.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More